Latte Art


Anda semua pasti sudah mengenal Starbucks Coffee Shop. Minum kopi di kedai kopi sudah menjamur, terutama di kota-kota besar seperti Jakarta, Surabaya dan Bandung.

Minum kopi itu banyak seninya. Salah satunya adalah latte art. Apaan sih latte art? Ini adalah seni menggambar diatas permukaan minuman yang berbasis espresso. Seni ini sudah populer di Itali dan digunakan para barista untuk menunjukkan kecintaannya pada kopi. Kemudian dibawa ke Amerika dan dipopulerkan disana oleh David Schomer.



Tertarik ingin tahu cara membuatnya? ada 3 cara untuk membuatnya:
1. Free Pour, dilakukan hanya dengan cara memanipulasi jatuhnya susu+foam yang dituangkan ke atas espresso. Kelebihannya, hampir tidak ada waktu tambahan yang diperlukan untuk membuatnya sehingga turunnya suhu kopi saat disajikan dapat diminimalisasi. Kopi lebih enak disajikan hangat kan? Pola yang populer adalah rosetta (daun; seperti foto sebelah), heart, dan apel.








2. Etching, Dilakukan dengan cara menggambar pola di atas permukaan crema dengan alat/bahan tambahan seperti stensil, sirup, bubuk kopi/coklat, dsb; setelah susu dituangkan.







3. Gabungan keduanya.

Unik bukan? Apakah Anda pernah meminum Latte Art di coffee shop kesayangan Anda? Mungkin anda bisa coba sekali waktu... rasanya sayang untuk meminum kopinya :)

No comments: